Categories
Pengalaman

Pengalaman Mengatasi PayPal yang Kena Limit

Selamat pagi sahabat,

Kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya mengatasi paypal yang kena limit. Bagi yang terbiasa menggunakan PayPal, kena limit mungkin sesuatu yang pernah atau bahkan sering dialami. Saya sendiri baru saja mengalaminya beberapa hari yang lalau. Sebelumnya limit PayPal itu apa sih? Jane ada banyak definisi, tapi secara sederhana limit itu biasanya adalah pembekuan aktifitas akun PayPal sementara karena adanya transaksi yang mencurigakan. Saat dalam kondisi limit, kita tidak bisa withdraw atau menggunakan balance PayPal yang kita punya. Lalu bagaimana ceritanya kok PayPal saya bisa kena limit?

Jadi kronologisnya seperti ini… Pada tanggal 9 Mei 2014, saya mengirimkan invoice ke klien untuk pembayaran job yang sudah selesai. Karena klien saya ini satset dan batbet, malam hari saya dapat surel dari PayPal yang menyatakan kalo klien saya udah transfer.

Screen Shot 2014-05-11 at 7.28.40 AM copy copy

Sekilas tidak ada yang salah dari isi surel tersebut, saya pun awalnya hanya melihat sekilas dan mencocokkan jumlah balance yang dikirim dengan nilai yang tertera di invoice. Waktu itu saya hanya baca sekilas karena sedang ngurusi acara. Setelah acara selesai, saya baca lagi surel tersebut  karena kalo soal pembayaran atau sesuatu yang ada hubungannya dengan finansial, saya biasanya sangat teliti. Eng ing eng… saya baru sadar ternyata balance tersebut dikirim ke surel saya yang tidak terdaftar di PayPal. Saya kaget dan baru ngeh karena surel yang saya gunakan di PayPal adalah akun yahoo, lha itu dikirimnya ke surel saya yang satunya. Kemudian saya baca lagi surel tersebut lebih teliti, ternyata kita bisa menambahkan lebih dari satu surel dalam satu akun PayPal (duh ini salah saya ndak baca ToS Paypal). Oke, saya pun langsung menambahkan surel  baru di PayPal dan tak lama kemudian balance PayPal saya nambah yang berarti kiriman dari klien sudah masuk ke akun PayPal saya. Selang 2 jam kemudian saya mendapat surel dari PayPal yang dikirim ke akun yahoo saya yang menyatakan bahwa akun PayPal saya kena limit.

Screenshot_2014-05-11-07-50-07

Setelah saya pikir, wajar jika akun saya langsung kena limit, akun surel yang ditambahkan baru beberapa saat langsung dapet kirimian balance sekian dolar ya pantes aja kalo aktifitas tersebut dicurigai oleh PayPal. Mendapati ada sesuatu yang tak beres, saya pun mengikuti instruksi dari PayPal dengan masuk ke menu Resolution Center. Di situ saya diminta untuk melakukan konfirmasi nomor kartu kredit dan mengunggah bukti alamat. Sat set bat bet saya pun melakukan sesuai instruksi dari PayPal dan berharap limit saya segera dilepas sama PayPal. Tapi berharap PayPal akan menyelesaikan kasus ini secara cepat itu rasanya kayak berharap dapat pendamping wisuda, lama dan ndak pasti kapan. Atas saran dari mas Wisnu, saya memutuskan untuk menunggu keesokan harinya untuk telpon ke customer service PayPal yang ada di Singapura.

Keesokan harinya saya telpon ke CS PayPal. Untung XL punya layanan telpon keluar negeri yang lumayan terjangkau. Pokok e ini bukan iklan lha wong kenyataannya begitu #halah. Oke balik lagi ke masalah tadi. Telpon saya ditanggapi oleh mbak mbak CS yang saya lupa namanya. Dengan bahasa Inggris yang you know I know, saya pun telpon-telponan sama mbak CS itu. Setelah ditanyakan konfirmasi tentang nomor bank dan nama, kemudian mbaknya tanya masalahnya apa. Saya kemudian menjelaskan kronologisnya sampai akun saya kena limit. Mbaknya juga tanya kerjaan saya apa, lantas saya jawab kalo saya ini disener. Kemudian mbaknya tanya lagi saya promosi di apa, suruh nyebutin website saya. Tiba-tiba saya inget akun behance saya, saya pun menyebutkan alamat profile behance saya dan mbaknya langsung paham. Tanpa banyak usaha nyepik, akhirnya mbaknya bilang kalo 5 menit kemudian limit saya akan dilepas. Tak lupa saya mengucapkan terimakasih ke mbaknya yang baik banget itu. 5 menit kemudian saya dapet surel dari PayPal yang menyatakan kalo limit saya udah dilepas. Horeee

Screenshot_2014-05-11-08-06-31

 

Senang rasanya bisa ikut menikmati euforia gajian di awal bulan seperti PNS dan pegawai kantoran.

Nah, pelajaran yang saya ambil dari kejadian ini adalah:

  1. Kalo PayPal kena limit, ndak usah panik. Langsung telpon aja ke CS nya PayPal, jangan lupa siapkan nomor rekening bank dan nomor kartu kredit.
  2. Jika kamu freelancer dan ditanyain kerjaanya apa, jawab aja langsung ke jenis kerjaan kamu biar meyakinkan. Lebih bagus kalo kamu punya portfolio jadi pas ditanyain gitu bisa jawab.
  3. Punya akun behance ternyata penting, selain bisa digunakan sebagai media pencitraan, akun behance bisa digunakan sebagai media portfolio yang cukup meyakinkan.
  4. Jangan lupa selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian #halah dan yang paling penting adalah selalu bersyukur kalo invoice cair #halahlagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *