Tips Lolos Beasiswa LPDP

LPDP PK 17

Ketika saya akan berangkat ke Birmingham, saya berjanji untuk menulis tentang tips agar lolos beasiswa LPDP karena saya berharap lebih banyak anak muda Indonesia yang mau belajar untuk membangun bangsa ini di masa depan.

Sebelumnya saya ingin menekankan kalo tips-tips ini hanya berdasarkan asumsi dan pengalaman saya, dengan harapan temen-temen yang mau daftar besasiswa LPDP bisa mempersiapkannya dengan baik sehingga tips-tips ini tidak akan menjamin temen-temen pasti lolos. Semua bergantung pada usaha dan doa temen-temen.

Jadi biar gak kepanjangan, langsung aja ya…

1. Baca petunjuk dengan TELITI
Ini adalah poin pertama dan yang paling penting. Banyak dari calon pelamar yang malas membaca informasi yang sudah tersedia di website LPDP yang beralamatkan di http://www.lpdp.depkeu.go.id. Padahal dalam website LPDP, semua informasi sudah tercantum dengan sangat jelas, termasuk prosedur dan syarat-syarat pendaftaran. Tapi sebagian besar orang masih malas membacanya, sehingga terkadang melewatkan banyak informasi penting yang dapat ditemukan di website tersebut. Jadi sebelum mendaftar, pastikan sudah membaca semua informasi di dalam website LPDP dengan teliti.

2. Penuhi persyaratan
Tips yang kedua tak kalah penting. Jika kalian akan mendaftar beasiswa LPDP (termasuk beasiswa yang lain), pastikan kalian telah memenuhi persyaratan yang dicantumkan. Jika di situ mensyaratkan minimal bahasa inggris 6,5 (IELTS) ya penuhi dulu. Jangan setengah-setengah dalam menyiapkan berkas pendaftaran dan nekat mendafatar karena pasti aplikasi temen-temen gak akan diproses. Syarat-syarat yang lain juga jangan ketinggalan. Oiya sekedar saran, jika kalian akan mengambil tes bahasa Inggris, saran saya langsung ambil tes IELTS karena di beberapa negara, tes TOEFL iBT sudah tidak diterima, apalagi TOEFL yang ITP, itu gak bisa dipakai mendaftar ke universitas di luar negeri. Mengingat tes bahasa inggris ini butuh persiapan, saran saya bagi yang punya waktu silakan ikut les persiapan. Ambil juga tes simulasi sebelum tes yang sebenarnya untuk mengukur kemampuan kamu dan bisa tau kurangnya di mana.

3. Buat rencana studi yang jelas
Beasiswa LPDP diperuntukkan bagi calon pemimpin di masa depan. Salah satu karakter pemimpin adalah visioner, dia punya tujuan yang jelas dan tau apa yang akan dilakukannya. Oleh karena itu, ketika membuat rencana studi yang menjadi salah satu persyaratan beasiswa LPDP, tulis rencana studi sejelas mungkin. Cantumkan tentang jurusan yang mau diambil, modul apa saja yang mau diambil, riset apa yang akan diambil (jika ada) dan tulis rencana setelah selesai studi dengan jelas.

4. Kuasai essay yang ditulis saat akan mengikuti tes wawancara
Tahapan seleksi beasiswa LPDP setelah seleksi administrasi adalah wawancara dan LGD. Pada tahapan ini, kita akan diwawancarai oleh profesor ahli dan psikolog. Mereka akan menguji kualitas kita dari sisi kecerdasan dan psikologi. Menurut pengalaman saya, materi wawancara sebagian besar berisi tentang essai yang kita buat (rencana studi, peran bagi Indonesia dan sukses terbesar dalam hidup). Jawab pertanyaan pewawancara dengan jujur dan pastikan sama dengan essai yang kita tulis. Akan kelihatan kok kita gak menguasai essai yang kita tulis, nanti bakal grogi pas wawancara. Jika kamu sudah menguasai essai, tes wawancara akan berlangsung dengan santai kok. Oiya, kalo kalian mendaftar beasiswa ke luar negeri, biasanya tes wawancaranya menggunakan bahasa Inggris.

5. Berdoa dan minta restu orang tua.
Manusia boleh berusaha, tapi Tuhan yang menentukan. Jadi perbanyak berdoa, mohon ampun dan mohon dimudahkan jalannya ke Yang Maha Kuasa agar tes kalian berjalan lancara. Jangan lupa juga untuk minta doa restuk kepada orang tua karena doa orang tua itu luar biasa.

Mungkin itu beberapa tips dari saya tentang mengikuti seleksi beasiswa LPDP. Mari bergabung untuk membangun Indonesia di masa depan. Good luck

44 responses to “Tips Lolos Beasiswa LPDP”

  1. pengunjung says:

    Mantab kak,, restu dan do’a orang tua memang sangat diperlukan.. nice inpo

  2. Lady says:

    Nice tips Kakaak…
    Mudah-mudahan makin banyak yang mencoba dan berhasil…

  3. rizkiya says:

    kereeem bgt kak adhi… duh.

  4. taufikh says:

    Syiip

  5. Ebi says:

    Kak Adhi, terima kasih atas share dan juga inspiraisnya. Kami adik-adik kakak akn belajar sebaik-baiknya, semoga kedepannya kami akan bis amengikuti jejak dan juga dapat meraih mimpi setinggi-tingginya 😉

    • adhiwie says:

      Aaamiiin. Good luck ya. Pokoknya terus berjuang, jangan menyerah, selalu optimis, berdoa dan minta restu ke orang tua

      • rut says:

        Hai kak/mas

        • adhiwie says:

          Halo Rut

          • ruth says:

            saya post comment panjang tapi ndak masuk. mau tanya dulu kakak dapet offer dari Univ of Birmingham diminta kirim berkas ke UK kah? bagaimana waktu itu? mohon petunjuk 🙂

          • adhiwie says:

            Mungkin formnya belum diisi dengan lengkap.

            Jadi begini, dulu saya tidak tahu kalo UoB ada kerjasama dengan IDP (http://www.idp.com), saya pun daftar mandiri ke UoB. 4 minggu kemudian dapat LoA tp masih conditional, diminta kirim ijazah dan transkrip asil ke UK. Setelah tau UoB dan IDP kerjasama, saya verifikasi dokumen asli melalui IDP Jogja waktu itu hingga akhirnya dpt LoA yg unconditional. Saran saya kalo mau daftar ke UoB lewat IDP aja, gratis, dibantu dari persiapan berkas sampai jadwal wawancara visa

            Semoga jawabannya membantu ya

          • ruth says:

            sangat membantu kak 🙂 situasi saya skrg baru dapat conditional offer dari Univ of Bham dgn syarat itu juga, baiklah mungkin saya ke IDP dulu biar ada pencerahan lebih 🙂 terimakasih kak

          • adhiwie says:

            Well, kasusnya sama seperti saya. IDP akan dengan senang hati membantu. Good luck for your admission.

            Oh iya, kami dari PPI Birmingham sedang menyusun guide book untuk calon mahasiswa yg akan ke sini, kalo ada masukan ide apa yg sebaiknya dimuat feel free to send email to ppimib01@gmail.com

            Thanks 🙂

          • ruth says:

            whoah, sure 🙂

  6. Lili hernawati says:

    Kak, sebenarnya saya sudah lolos tahap administrasi. Tapi masih khawatir untuk wawancara, karna dokumen asli surat rekomendasi dan formulir sudah saya kirim via pos. . . Apa tidak jadi masalah saat wawancara nantinya?

  7. FAF says:

    Mas , maaf .
    Boleh minta essai dan study plan nya sebagai referensi ? ke akun.faf@gmail.com

    Nanya juga. Untuk Riwayat Pekerjaan . Apakah menjadi Asisten di Kampus dan mengajar di Sekolah (baca : PPL) termasuk pengalaman kerja ?

    Terima Kasih 🙂

  8. Fitri says:

    Tulisannya bermanfaat sekali, terutama untuk yg masih awam soal LPDP spt saya.
    Kak, di atas, kakak menulis bahwa pelamar LPDP semestinya memenuhi dulu skor IELTS sebesar 6.5, tapi teman saya bilang, dia lolos wawancara LPDP di Desember 2013 baru kemudian menyiapkan diri untuk tes IELTS.
    Apa ada informasi yg saya lewatkan shg kurang memahami hal ini?
    Terima kasih banyak atas penjelasannya.

  9. Winna says:

    Salam kenal Kak Adhi,
    Saya tertarik dengan beasiswa LPDP. Terima kasih sudah mau berbagi informasi. Apakah saya bisa minta contoh essay dan rencana study nya. Oiya, satu lagi.. untuk surat rekomendasinya, bisakah kita minta dari dosen pembimbing skripsi saat kuliah dulu, atau harus dari tokoh masyarakat setempat? Terima kasih sebelumnya.

    • adhiwie says:

      Halo Winna,

      Apakaih email yang digunakan sama dengan yang tertulis di komentar ini? Jika sama nanti essainya akan saya kirim ke email tersebut.

      Untuk surat rekomendasi, saya dulu meminta ke dosen pembimbing saya di kampus. Kurang tau untuk syarat yang sekarang, apakah harus tokoh masyarakat apakah masih bisa meminta ke dosen pembimbing di kampus.

      cheers,
      Adhi Wicaksono

  10. budimans says:

    Terimakasih telah berbagi tips dan semangat. Sekarang, saya mencoba mengikuti program ini, semoga bisa seberuntung anda. Amin.

    Jika tidak merepetkan, mohon kirim contoh essay yang membuat anda berhasil menjadi salah satu penerima beasiswa ini. Semoga bs membantu sebagai referensi. Email saya ada di budimansukma03@gmail.com

    Sekali lagi, terimakasih dan berkahlah hidup anda. Salam indonesia lebih baik.

  11. Hardika Dwi Hermawan says:

    Semangat! 😀

  12. tenli says:

    Kak minta contoh essay nya dong buat rujukan ,, tenlijunaidi@gmail.com kalo kuliah diluar itu susah ngak kak masuknya? Terutama diUK?

  13. Obet says:

    Thanks mas Adhi buat info nya..sy jg lg mendaftar nih, tp msh blm tau utk mengisi essai dan rencana studi yg baik dan benar.
    minta tolong essai dan study plan nya di kirimin jg ke email sy yha mas Adhiwie.

    suakaobet@yahoo.com
    trims

  14. evan says:

    Terima kasih atas berbagai informasinya bang Adhi, semoga diberi berkah oleh Allah SWT atas kebaikan hatinya untuk berbagi hal yang bermanfaat. Kalau kak Adhi berkenan untuk berbagi Essay dan rencana studinya agar menjadi referensi saya kedepan. Terima kasih wassalam

  15. evan says:

    Ini alamat email saya kak Adhi Evan_archy@yahoo.co.id

  16. Evi says:

    Terima kasih atas tulisannya yang sangat membantu saya memperoleh gambaran tentang Beasiswa LPDP ini. Saya jg sedang berusaha mendapat kesempatan beasiswa ini untuk program magister. Tanpa bermaksud merepotkan (walaupun ujung2nya memang merepotkan :)), saya juga bermaksud meminta contoh essay dan study plan ke alamat evilinda1988@gmail.com
    Terima kasih banyak atas sudah berbagi artikel ini, smg saya juga bisa bergabung dengan teman-teman penerima beasiswa LPDP, Aamiin..

  17. dira says:

    Informasinya sangat bermanfaat mas Adhi, terima kasih banyak. Mohon maaf, saya mau nimbrung juga nih, kalo gag merepotkan boleh saya minta kriman essay dan rencana study nya mas? ke dian_rs77@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya, :))

  18. Nurul says:

    Kak adhi, boleh minta essay dan study plan nya? mohon dikirim ke nurulafifahridwan@gmail.com. makasih sebelumnya. 🙂

  19. Dewa says:

    Hallo, Mas Adhi. Tulisannya inspiratif sekali, jadi makin semangat untuk mengejar beasiswa yang sama