Bank holiday enaknya buat santay

chill

Sekarang sudah jam 12:32 siang dan saya masih sembunyi dalam duvet sambil nonton Game of Thrones (gambarnya gak nyambung, itu foto musim panas tahun lalu). Gak biasanya saya bisa segini santainya di hari Senin. Tetapi karena hari ini adalah bank holiday (hari libur), jadinya saya bisa gegoleran dengan santai di rumah dan gak perlu ke kampus.

Ada yang menarik tentang bank holiday di Inggris. Di Indonesia, kita biasa mengenalnya dengan tanggal merah, yaitu hari libur nasional di mana kantor dan sekolah diliburkan. Di Inggris, bank holiday biasanya jatuh pada hari Jum’at atau Senin. Kalau bank holiday jatuh pada saat weekend (Sabtu atau Minggu), maka akan diganti pada saat weekdays (biasanya Senin minggu depannya). Enak to? Enak, bisa menikmati long weekend! Hehehe.

Meskipun demikian, jumlah bank holiday di Inggris masih sedikit (8 hari di tahun 2016), dibanding di Indonesia (14 hari di tahun 2016). Hanya saja sekali ada bank holiday di sini dipastikan bisa menikmati libur panjang, ya 3 hari lah. Di Indonesia kalau ada tanggal merah yang jatuh pada hari Minggu yaudah deh, gak dapet ganti.

Mungkin soal penentuan bank holiday ini terlihat sepele, tapi saya suka dengan kebijakan yang menentukan bank holiday pada hari Jum’at atau Senin, karena hal tersebut akan memberikan waktu panjang buat sekedar kumpul bersama keluarga atau piknik bareng. Pendapat pribadi saya sih hal tersebut menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap kebahagiaan warganya. Gak tau ya, tapi kebahagiaan adalah salah satu aspek penting yang mendukung kehidupan bernegara yang aman, nyaman, tentram dan damai. Di sini saya merasa lebih damai karena gak ada yang nanyain kapan nikah #halah. Selain itu di sini juga banyak ruang publik seperti taman untuk bersantai. Sehingga pas libur panjang gini bisa dipakai liburan bareng temen atau keluarga. Masa’ ya hiburan cuma ke mall. Hadeh hade. Semoga ke depannya pemerintah Indonesia semakin peduli tentang kebahagiaan warga negaranya. Banyak membangun ruang publik dan banyakin libur. Hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *